Head Line Terkini

Penyebaran dan Komposisi Jumlah Populasi Suku Bangsa di Indonesia

Suku Bangsa Di Indonesia

C. Geertz (1963), mencoba menyederhanakan aneka ragam kebudayaan yang berkembang di Indonesia ke dalam dua kelompok besar yang berbeda ekosistemnya, yaitu kebudayaan yang berkembang di "kepulauan dalam" (Jawa, Bali) dan kebudayaan yang berkembang di "kepulauan luar", yaitu di luar Pulau Jawa dan Bali. Kebudayaan yang berkembang di "kepulauan dalam" itu ditandai oleh tingginya intensitas pengolahan tanah secara teratur dan telah menggunakan sistem pengairan dan menghasilkan pangan padi yang ditanam di sawah. Dengan demikian, kebudayaan di Jawa yang menggunakan tenaga kerja manusia dalam jumlah besar disertai peralatan yang relatif lebih kompleks itu merupakan perwujudan upaya manusia yang secara lebrh berani merobah ekosistemnya untuk kepentingan hidup masya­rakat yang bersangkutan. Sementara itu kebudayaan di luar Jawa, kecuali di sekitar Danau Toba, dataran tinggi Sumatera Barat dan Sulawesi Barat Daya, berkembang atas dasar pertanian perladangan yang ditandai dengan jarangnya penduduk yang pada umumnya baru beranjak dari kebiasaan hidup berburu ke arah pertanian. Oleh karena itu mereka cenderung untuk menyesuaikan diri mereka dengan ekosistem yang ada, dengan sedikit upaya untuk menguasainya demi kesejahteraan masyarakat yang bersangkutan.

Di lain pihak Hildred Geertz (1963) mengklasifikasikan kebudayaan sukubangsa ke dalam tiga kategori, yaitu kebudayaan masyarakat petani beririgasi, kebudayaan pantai yang diwarnai kebudayaan Islam, dan kebudayaan masyarakat peladang serta pemburu yang masih sering berpindah tempat. Adapun yang dimaksud dengan kebudayaan masyarakat· petani berpengairan itu ialah yang berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Sarna halnya dengan apa yang dikemukakan oleh C. Geertz, Hilred Geertz menyatakan bahwa kebudayaan petani berpengairan itu berkembang atas dasar sistem pengolahan lahan yang sifatnya padat karya di daerah yang paling padat penduduknya. Hildred Geertz menambahkan bahwa kebudayaan tersebut sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, yang masyarakatnya sangat kuat orientasinya pada status, dan telah mengembangkan kesenian yang sangat tinggi terutama di pusat-pusat kekuasaan (keraton) yang sekaligus merupakan pusat peradaban pada masa lampau. Selanjutnya kebudayaan di Pulau Jawa mulai mengalami pergeseran, terutama sejak masuknya pengaruh kebudayaan Islam dan kemudian disusul dengan perkembangan yang terjadi selama masa penjajahan Belanda.

Bangsa Indonesia memiliki 742 bahasa/dialek, terdiri atas berbagai suku bangsa dan sub suku bangsa, jumlahnya tidak kurang dari 478 suku bangsa.


Sebaran Suku di Indonesia

 Pulau Jawa

Misalnya saja di pulau Jawa, suku bangsa Jawa sendiri disebut sebagai suku bangsa yang mendominasi wilayah Indonesia, sebab sekitar 45-60 persen penduduk Indonesia berasal dari suku bangsa tersebut. Melansir dari laman Indonesia.go.id, saat ini suku Jawa diperkirakan berjumlah sebanyak 95 juta jiwa lebih.

Selain terdiri tadi suku Jawa, penduduk di pulau Jawa juga terdiri dari beberapa suku bangsa seperti suku Sunda yang mendiami wilayah Jawa Barat, suku Madura dan Tengger yang mendiami Jawa Timur, suku Betawi di DKI Jakarta.

Pulau Sumatera

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, pulau Sumatera juga termasuk wilayah yang memiliki banyak suku bangsa. Dikutip dari Kembangkan Kecakapan Sosialmu (2006: 76), jika kita tengok wilayah Nangroe Aceh Darussalam, maka kita bisa menemukan suku bangsa Aceh, Gayo, dan Alas.

Sementara di Sumatera Utara kita dapat menjumpai suku bangsa Batak, Nias, dan Melayu. Kemudian di wilayah Sumatera Barat terdapat suku Minangkabau dan Mentawai, sedangkan di Sumatera Selatan terdapat suku Palembang, Melayu dan Pasma. Lalu Riau memiliki suku Melayu, Jambi memiliki suku Melayu, Jambi dan Kubu, Bengkulu terdiri dari suku Melayu dan Renjang serta Lampung terdiri dari suku Lampung dan Jawa.

Di pulau Sumatera sendiri, suku Batak tercatat sebagai suku bangsa terbanyak ke-3 di Indonesia setelah suku Jawa dan Sunda.

Pulau Kalimantan

Kalimantan dikenal juga sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia yang juga memiliki banyak suku bangsa. Adapun diantaranya ialah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah terdapat suku Melayu dan Dayak, sementara di Kalimantan Selatan terdapat suku Melayu, Dayak, dan Banjar, serta di Kalimantan Timur terdapat suku Kutai, Melayu dan Dayak.

Pulau Sulawesi dan Maluku

Di daerah Sulawesi Selatan terdapat suku Bugis, Makassar dan Toraja. Kemudian di Sulawesi Tengah terdapat suku Laina dan Tomini. Di Sulawesi Utara ada suku Minahasa dan Sangihe Talaud, serta di Sulawesi Tenggara terdapat Mekongga, Tolaki, Buton dan Muna. Sementara di Gorontalo terdapat suku Gorontalo. Kemudian di kepulauan Maluku terdapat suku Ambon, Kei, Tanibar, Ternate dan Obi.

Pulau Papua

Pulau Papua terdiri dari beberapa suku bangsa diantaranya suku Arfak di Papua Barat, kemudian ada suku Asmat dan Biak di Papua Tengah dan di Papua Timur terdapat suku Dani dan Sentani.

Selain suku-suku yang telah disebutkan tadi, masih ada banyak suku bangsa lainnya yang terdapat di beberapa pulau di Indonesia misalnya saja suku Bali di pulau Bali, suku Sasak, Sumbawa, Mbojo di Nusa Tenggara Barat, lalu ada pula suku Alir, Solor, Roti, Sawu, Sumba, dan Flores di Nusa Tenggara Timur dan masih banyak lainnya.

Secara Umum Sebaran Suku Bangsa di Indonesia dapat dilihat Pada Peta di bawah ini

 
Peta Sebaran Umum Suku bangsa di Indonesia

Adapun Secara Khusus sebaran Suku Bangsa di berbagai Provinsi dapat dilihat pada peta-peta berikut

Peta Sebaran Suku bangsa di ACEH

Peta Sebaran Suku bangsa di SUMATERA UTARA

Peta Sebaran Suku bangsa di Sumatera barat, Riau dan Jambi

Peta Sebaran Suku bangsa di Sumatera Selatan dan Bengkulu

Peta Sebaran Suku bangsa di Jawa Timur

Peta Sebaran Suku bangsa di Kalimantan Barat

Peta Sebaran Suku bangsa di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

Peta Sebaran Suku bangsa di Kalimantan Selatan

Peta Sebaran Suku bangsa di Nusa Tenggara Barat

Peta Sebaran Suku bangsa di Nusa Tenggara Timur

Peta Sebaran Suku bangsa di Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara

Peta Sebaran Suku bangsa di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

Peta Sebaran Suku bangsa di Maluku dan Maluku Utara

Demografi Suku Di Beberapa Wilayah Indonesia

Tabel Distribusi Suku di Indonesia Menurut Urutan Peringkat
 

Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Sumatera 

Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Kalimantan

Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Jawa
Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Bali, Nusa Tanggara Barat  dan Nusa Tenggara Timur

Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Sulawesi
Tabel persebaran 3 Suku Dominan di Pulau Maluku dan Papua

Grafik Komposisi Jumlah Penduduk Berdasarkan Suku di Indonesia 

Suku Bangsa di Maluku

Sebagian besar penduduk Maluku merupakan penduduk asli Maluku yang terdiri dari berbagai suku bangsa seperti : suku-suku Alifuru, suku AmbonBuru, dan Kei. Suku-suku pendatang sebagian besar mendiami Ambon dan Maluku Tengah di antaranya BugisMakassar, dan Buton serta suku-suku dari Jawa yang datang beriringan dengan Majapahit. Meskipun demikian, penduduk asli Maluku tercatat sejak dahulu kala telah melakukan berbagai perkawinan campuran dengan suku-suku pendatang tersebut serta Minahasa dan suku-suku dari Sumatera. Selain itu, mengingat peran Maluku dalam sejarah perdagangan dunia, penduduk asli Maluku telah bercampur dengan bangsa ArabIndia, dan Eropa (umunya Belanda dan Portugis), dapat dilihat dari marga-marga asing yang masih digunakan orang Maluku hingga kini. Hal ini pun menjadi salah satu penyebab mengapa Maluku menjadi satu-satunya kawasan mestizo di Indonesia.

Berdasarkan data dari Sensus Penduduk Indonesia 2010, berikut ini komposisi etnis atau suku bangsa di provinsi Maluku:

No

Suku

Jumlah 2010

%

1

Asal Maluku

1.127.148

73,83%

2

Asal Sulawesi

247.266

16,20%

3

Jawa

79.340

5,20%

4

Bugis

25.419

1,66%

5

Asal NTT

8.624

0,56%

6

Makassar

6.414

0,42%

7

Tionghoa

4.556

0,30%

8

Sunda

4.457

0,30%

9

Suku Lainnya

23.486

1,53%

Provinsi Maluku

1.526.710

100%


Baca Juga  

Tidak ada komentar