Head Line Terkini

Sebaran Sumber Daya Mineral Pulau Ambon dan Seram Barat Maluku Serta Pemanfaatannya Dalam kehidupan

Peta Yang dirilis Pemerintah Provinsi Maluku ini menunjukan adanya sebaran Endapan Pasir Besi pada Pantai Honipopu seluas sekitar 1041 Ha di Desa Ariate Kabupaten Seram Bagian Barat.

Jenis pasir ini terdiri dari magnetit, Fe304, serta mengandung sejumlah kecil titanium, silika, mangan, kalsium, dan vanadium. Biasanya berwarna abu-abu gelap atau berwarna kehitaman.


Manfaat Pasir Besi yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat pasir besi ini banyak sekali dalam bidang industri maupun pertambangan. Bagi Anda masyarakat awam yang belum terlalu mengenal material yang satu ini, berikut beberapa manfaatnya.

  1. Bahan baku industri baja. Baja telah menjadi bahan baku vital dalam industri karena peran pentingnya dalam kehidupan-sehari. Contohnya peralatan yang kita pakai sehari-hari yang didominasi dari bahan baku baja. Pasir besi yang tediri dari Fe inilah yang kemudian diolah dan dipisahkan dari bahan pengotornya (selain Fe). Apabila telah diperoleh Fe murni, maka kemudian dapat langsung dioleh menjadi baja.
  2. Sebagai pasir tinta di industri batu dan beton. Di Amerika Serikat, pasir besi banyak ditemukan di New York, Great Lakes, California, dan New England. Pasir besi ini sering dicampur dengan pasir feldspar dan biji garnet. Pasir besi dari daerah ini juga tinggi akan kandungan titanium dan kromium. Di abad 19, manfaat pasir besi di Amerika Serikat adalah untuk pasir tinta yang digunakan dalam industri batu dan beton. Di Indonesia sendiri, manfaat pasir besi sebagai pasir tinta di industri batu dan beton banyak ditemukan. Industri-industri ini melakukan penambangan di beberapa daerah pesisir Indonesia untuk mendapatkan pasir besi alami. Pasir besi ini kemudian diolah menjadi pasir tinta untuk batu dan beton.
  3. Nanopartikel bidang biomedis. Manfaat pasir besi untuk nanopartikel bidang biomedis ini baru saja ditemukan. Aplikasi pasir besi sebagai nanopartikel bidang biomedis ini juga masih dalam penelitian. Namun, manfaat pasir besi di bidang biomedis ini dipercaya mampu memberikan manfaat pengobatan. Pasir besi yang berukuran nanopartikel akan digunakan sebagai sumber Fe Kation. Dalam hal ini, Fe Kation yang dimaksud ada pada sintesis cobal ferrite. Proses sintesis akan bermanfaat sebagai antibakterial dari pasir besi. Dengan begitu, pasir besi dapat dimanfaatkan sebagai bahan antibakterial.
  4. Bahan produksi antibakterial. Menyambung dari manfaat pasir besi di poin sebelumnya, bahan antibakterial yang dihasilkan dari material ini bisa digunakan sebagai bahan dari produk yang manfaatnya untuk melindungi dari bakteri. Contoh produk perlindungan dari bakteri ini adalah sabun antiseptik dan sabun antibakteri. Tentu saja pemanfaatan pasir besi di bidang medis ini sangat mengandung nilai ekonomis bagi industri dan masyarakat.
  5. Meningkatkan daya tekan dan kuat tarik beton. Dalam industri beton, pasir besi digunakan untuk meningkatkan daya tekan dan kuat tarik beton. Pemakaian 80% pasir besi dari berat pasir keseluruhan akan memberikan kuat tekan maksimum 42.65 MPa dan menaikkan kemampuan kuat tekan hingga 28.41%. Sedangkan, penggunaan sejumlah pasir besi lainnya bisa meningkatkan kuat tekan hingga 3.07 MPa dan kuat tarik belah 4.84%.

Peta Sebaran Sumber Daya Mineral di Kawasan Ambon dan Seram Barat

Desa Morella Kabupaten Maluku Tengah tepatnya di Aer Mokki terdapat Singkapan batuan Ubaha yang mengandung Mineral Pirit seluas 1.535 Ha. 

Mineral pirit, atau pirit besi, juga dikenal sebagai badar emas atau emas semu, merupakan sulfida besi dengan rumus kimia FeS2 (besi(II) disulfida). Pirit dianggap sebagai mineral yang paling umum dari kelompok mineral sulfida. Kilap logam pirit dan warna kuning-kuningan pucat sepintas memberikan kemiripan dengan emas, sehingga terkenal dengan julukan "emas semu". Warna tersebut juga telah memberikan julukan kuningan.

Gambar Struktur kristal pirit. Di tengah sel S22− pasangan ini terlihat berwarna kuning.
Selain penggunaannya dalam perhiasan hias, pirit juga digunakan di berbagai industri; industri kertas mungkin adalah contoh terbaik. Sulfur dioksida, yang digunakan sebagai zat pereduksi di industri kertas, berasal dari pirit.
Demikian pula, ia digunakan sebagai sumber pengapian dalam senjata api selama abad ke-16 dan ke-17, dan sebagai pendeteksi mineral di penerima radio pada awal abad ke-20.
Juga digunakan dalam produksi asam sulfat. Baru-baru ini, pirit telah diajukan sebagai bahan yang tepat untuk pengembangan panel surya fotovoltaik berbiaya rendah, karena fakta bahwa harganya murah dan banyak ditemukan di planet ini.

Singkapan Nikel Laterit yang mengandung Mineral Nikel di Desa Hukurila Pulau Ambon Maluku kualitas 0,5% seluas sekitar 1268 Ha ditemukan di Tanjong Hukurila.
10 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari
  1. Pembuatan Stainless Steel. Dalam kehidupan sehari-hari, bahan metal nikel digunakan sebagai campuran pembuatan stainless steel. Bahan stainless steel umumnya dipakai pada perabotan rumah karena tergolong sebagai bahan yang memiliki ketahanan terhadap karat. Bijih besi akan dicampurkan dengan nikel dan juga krom sehingga menghasilkan stainless steel. Pencampuran bahan tersebut bertujuan agar stainless steel tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara. Beberapa peralatan dapur stainless steel yang menggunakan campuran nikel ialah sendok, garpu, wajan, panci, dan sebagainya. Peralatan dapur tersebut mampu menjadi pengantar listrik dengan karakter logam yang kuat.
  2. Campuran Besi Baja. Nikel sebagai bahan campuran besi baja akan membuatnya menjadi lebih keras. Kekuatan besi baja sendiri dipengaruhi oleh kandungan nikel. Pembuatan besi baja dengan campuran nikel akan membuatnya tidak mudah berkarat. Hasil tambang yang satu ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan bahan bangunan dan bahan rel kereta api.
  3. Pelapis Antikarat. Nikel sebagai pelapis anti karat biasanya digunakan pada industri makanan. Selain itu, nikel juga dimanfaatkan sebagai pelapis bagian luar senjata kemiliteran. Pembuatan senjata yang dilapisi nikel menjadi lebih kuat, bagus, dan tahan korosi.
  4. Industri Otomotif. Nikel memberikan efek yang mengilap dan terkesan mewah pada pembuatan rangka alat-alat otomotif. Penggunaan nikel pada rangka alat-alat otomotif menyebabkan benda tidak cepat berkarat. Pencampuran nikel dalam industri otomotif membuat benda dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  5. Industri Baterai. Baterai berbahan nikel sendiri memiliki beragam kegunaan pada perangkat elektronik, seperti smartphone, perkakas listrik, komputer potabel, kendaraan listrik, dan lain sebagainya. Dalam produksi baterai, jenis nikel yang kerap dimanfaatkan ialah nikel metal hibrida (NiMH), nikel lithium-ion (Li-ion), dan nikel kadmium (NiCd).
  6. Elektroplating. Pelapisan logam yang memanfaatkan unsur nikel disebut nickelplating. Pelapisan tersebut berguna untuk membuat tampilan barang menjadi mengilap. Selain itu, daya gesek yang diberikan tergolong rendah dan tidak mengganggu sifat dari elektromagnetik.
  7. Pembuatan Monel. Nikel sebagai bahan campuran pembuatan monel memberikan efek yang lebih bagus dengan harga lebih murah. Selain itu, kualitas monel dengan campuran nikel tidak jauh berbeda dari emas yang digunakan sebagai perhiasan.
  8. Pembuatan Kawat. Pembuatan kawat dengan campuran nikel akan menjadi alat penghantar panas yang baik di laboratorium. Sifat alami nikel juga berperan penting dalam pembuatan kawat untuk menjadi konduktor panas.
  9. Pembuatan Koin. Pembuatan koin berbahan nikel akan membuatnya lebih padat dan berat jika dibandingkan dengan bahan aluminium. Pada tahun 2010, Bank Indonesia (BI) pertama kali memperkenalkan uang logam pecahan Rp 1.000 yang berbahan dasar nikel.
  10. Katalis. Zat yang berfungsi mempercepat laju pada suatu reaksi disebut katalis dalam penerapan ilmu kimia. Nikel sebagai mineral tambang dapat dijadikan katalis pada proses hidrogenasi minyak dalam kehidupan sehari-hari. Proses hidrogenasi diperlukan saat fraksi minyak bumi diubah menjadi lebih padat. Hal ini terjadi pada mentega atau margarin. Proses pembuatan mentega atau margarin memanfaatkan nikel sebagai katalis dan gas ikatan hidrogen sebagai pereaks


Karakteristik yang dimiliki oleh nikel antara lain adalah sebagai berikut :

  • Nikel adalah logam keras berwarna putih keperakan yang mudah dibentuk dan elastis.
  • Nikel memiliki kemampuan untuk mendapatkan polesan tinggi dan tahan noda di udara.
  • Nikel bersifat feromagnetik dan merupakan konduktor panas dan listrik yang baik.
  • Kebanyakan senyawa nikel berwarna biru atau hijau.
  • Nikel bersifat tahan karat dan lembek, namun ketika dipadukan dengan besi, krom dan logam lain akan membentuk baja yang tahan karat dan keras.
  • Nikel termasuk dalam salah satu jenis unsur kimia metalik.

Beberapa sifat nikel antara lain :

  • Nikel adalah logam berwarna putih keperakan, keras, mudah dibentuk, dan lentur.
  • Nikel memiliki konduktivitas panas dan listrik yang baik.
  • Nikel memiliki valensi dua atau bivalen.
  • Logam nikel larut secara perlahan dalam asam encer.
  • Nikel memiliki titik lebur sebesar 1453 °C dan titik didih sebesar 2913 °C.

Tidak ada komentar