Head Line Terkini

Surga Bawah Laut Desa Welora di Maluku Barat Daya

Welora terletak diantara Laut Banda dan Laut Timor. Desa ini menjadi salah satu destinasi unggulan di Pulau Dawelor, Maluku Barat Daya. Berjarak sekitar 772 Km dari Pusat Kota Ambon Provinsi Maluku. Jarak dari Kota Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yakni 148 km. Sementara Jarak dengan Kota Tiakur di MBD sekitar 292 Km. Jarak Lokasi Welora dengan Pulau Tepa yakni 55,1 Km. Welora sudah dikenal sebagai destinasi wisata selam yang dikunjungi banyak para pelancong, baik lokal maupun mancanegara.

Jarak Ambon-Saummlaki-Welora

Tapak Welora di Lihat dari Udara

Pada 2020, Desa Welora tampil sebagai juara pertama dalam ajang Anugerah Pariwisata Indonesia (API Award) dalam kategori destinasi wisata baru. Desa yang asri dengan bangunan yang berjajar rapi dan penduduk yang ramah, akan membuat siapapun yang mengunjunginya akan kerasan untuk tinggal berlama-lama. 


Desa Welora di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.(DOK MALUKU BARAT DAYA)

Turis asing sedang berkunjung ke Desa Welora, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.(DOK PEMKAB MALUKU BARAT DAYA)

Warga dan pengurus desa wisata, terus berusaha mengembangkan desa wisata ini agar dikenal luas oleh masyarakat. Dalam catatan Pemerintah Desa Welora, kunjungan LoB (Live on Board) dalam kurun waktu 2021-2023, terdapat 13 kapal yang singgah ke Welora. Kapal-kapal itu membawa hingga 291 penumpang yang berasal dari berbagai negara: Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Jerman, dan lain lain. 

Sebagai upaya pengembangan wisata yang berkelanjutan, pemerintah Desa Welora bekerja sama dengan WWF-Indonesia melakukan kajian daya dukung pariwisata, baik di area pesisir/pantai maupun wisata laut.

Kajian digelar selama 20-24 Maret 2024 di empat titik garis pantai untuk mengetahui karakteristik pantai, dan lima titik penyelaman untuk mengetahui keanekaragaman hayati dan biota laut.

Kajian daya dukung ini nantinya akan menjadi data dasar untuk kajian mendatang terkait upaya pengembangan wisata bahari yang berkelanjutan, khususnya yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati laut.

Hasil dari kajian ini, dapat digunakan sebagai bahan promosi wisata Desa Welora, termasuk juga informasi terkait peta penyelaman dan biodiversitas laut yang menjadi potensi wisata bahari dari keindahan Desa Welora.

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, Dinas Pariwisata juga melakukan berbagai kegiatan mulai dari English Course and Guiding Technicque, pelatihan mengolah aneka kuliner lokal, pelatihan handicraft batok kelapa, sosialisasi Gerakan Sadar Wisata, Sapta Pesona, Pengelolaan Home Stay, dan Pelatihan Penangkaran budidaya anggrek yang merupakan tanaman endemic pulau ini.

Terdapat beragam fasilitas di tempat wisata ini seperi gazebo, pengadaan rumah payung, kursi santai di pantai INLOY, jalan rabat beton, dan lain-lain. Selain itu pemerintah desa setempat menyediakan jaringan wifi.

Salah satu pemandangan pantai di Desa Wisata Welora, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.(DOK PEMKAB MALUKU BARAT DAYA)

Kesempatan untuk bekerja sama dengan WWF-Indonesia semakin menumbuhkan kepercayaan diri masyarakat untuk membentuk desa wisata yang selaras dengan tujuan konservasi. Selama ini, masyarakat desa juga turut berpartisipasi dalam menjaga keanekaragaman hayati di laut sekitar Welora, baik secara personal maupun secara administratif.

Video Taman Laut Ututkol,  Desa Welora Kabupaten Maluku Barat Daya memang memiliki kehindahan yang laur biasa. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup berdesakan didalamnya.  Itulah yang menjadi daya tarik paling kuat bagi wisatawan mancanegara, khusuanya para penyelam.

Tidak ada komentar