Head Line Terkini

BUKU Geogarfi Kelas X Fase E Kurikulum Merdeka Belajar

 SINOPSIS NASKAH

BUKU “Geogarfi Kelas X” Pembelajaran Berbasis UNBK dan USBNBK

Penulis : Jehensa Semuel Makatita

 

Buku ini dimulai dari Materi PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI pada BAB I yang selalu masuk di Zona USBN dan UN Geografi mencakup : Konsep geografi dan penerapannya dalam SOAL Ujian, Prinsip dan Penerapannya dalam Soal Ujian, dan Objek studi geografi (Aspek dan Pendekatan geografi) dan Penerapannya dalam Soal Ujian sebagai bagian awal.  Terdapat juga Tugas Perorangan tujuannya agar Peserta Didik dapat dimaksimalkan dalam memahami Konsep Materi yang diajarkan dengan Baik.

Untuk memberikan penguatan dalam Persiapan UJIAN terhadap Peserta Didik, BAB I diintegrasikan dengan bagian PENDALAMAN SOAL HOTS : Tujuannya agar Peserta didik tidak dibingungkan dengan model soal yang dikembangkan pembuat SOAL UNBK dan USBNBK. Sebagai Penutup BAB I, terdapat Latihan SOAL untuk Persiapan UJIAN bagi Peserta didik.

Dilanjutkan dengan BAB II PETA, PENGINDERAAN JAUH dan SISTEM INFORMASI GEOGRAFI. Materi Peta serta Penerapannya dalam Soal Ujian (HOTS), Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi sebagai Bagian Pemanfaatan Teknologi dalam Kajian geografi memberikan penjelasan komperhensif bagi anak untuk dapat memahami bagaimana penerapan teknologi pada bidang geografi dan pemanfaatannya dalam kehidupan termasuk nantinya dalam dunia kerja. Untuk materi Strategis USBN dan UNBK pada Bagian Interpretasi Citra dalam penginderaan jauh, Penulis memberikan suplemen tambahan materi agar relefan dengan Tuntutan UJIAN nantinya. Penulis Juga Memberikan beberapa penguatan pada Materi Peta termasuk memasukan sistem Peyeleaian SOAL UJIAN yang tidak hanya berbasis RUMUS saja, tetapi juga melatih Peserta didik dalam penyelesaian SOAL yang sama berbasis LOGIKA Rumus, sehingga melatih anak dapat menyelesaikan SOAL  UJIAN walaupun Peserta didik LUPA dengan Rumus (Persamaannya). Teknik ini juga dapat memangkas waktu kerja Peserta Didik dalam menyelesaikan SOAL UJIAN.

METODE PENELITIAN GEOGRAFI pada BAB III mengarahkan peserta didik dalam memahami jenis-jenis penelitian dalam geografi, Penentuan Permasalahan sesuai judul penelitian, Populasi dan Sampel Penelitian, Teknik pengumpulan data penelitian geografi serta teknik analisa data penelitian geografi disertai contoh yang relevan dan terintegrasi.

BAB IV BUMI DAN RUANG KEHIDUPAN, dimulai dari bagaimana alam semesta terbentuk, galaksi dan karakteristik galaksi yang sering keluar di zona USBN dan UNBK. Setelah peserta didik memahami pembentukan jagat raya, kemudian di lanjutkan dengan bagaimana pembentukan Tata Surya yang menjadi cikal bakal kelahiran Bumi. Klasifikasi Planet dan Karakteristik Planet kemudian menjadi bagian lanjutan dari hipotesa pembentukan tata surya. Pada Materi ini anak di ajak memahami syarat sebuah benda di alam dikategorikan sebagai planet juga membahas dampak gerak planet Bumi baik Rotasi dan Revolusi dan kaitannya dalam kehdupan. Bentuk muka bumi dan perkembangan kehidupan dalam sejarah geologi menjadi bagian lanjutan sebagai bagian pengantar dari Esensi Geos (bumi=asal kata geografi) itu sendiri. Pada Bagian Penutup BAB IV terdapat Pendalaman Soal HOTS : Tujuannya agar Peserta didik tidak dibingungkan dengan model soal yang dikembangkan pembuat SOAL UNBK dan USBNBK yang menjadi keunggulan Utama pada Buku ini dan disertai juga SOAL Latihan BAB IV untuk membantu peserta didik dalam persiapan Ulangan Blog, Ujian tengah semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS).

BAB V DINAMIKA LITHOSFER DALAM KEHIDUPAN. Interior Bumi (Strukur Lapisan Bumi) dengan karakteristiknya merupakan bagian awal Pada BAB ini. Bagaimana batuan terbentuk, jenis dan pemanfaatannya dalam kehidupan. Tenaga dari dalam pembentuk muka bumi termasuk Epirogenesa, Orogenesa, Lipatan, Patahan termasuk sebaran jalur patahan penting di berbagai pulau di Indonesia, tentu saja dalam kaitannya dengan tektonisme, vulkanisme, seisme dan tsunami yang merupakan materi kunci pengenalan bencana geologi di di Indonesia. Materi tektonisme, vulkanisme, seisme dan tsunami (bencana geologi) disajikan dengan relevansi data yang sesuai dari lembaga-lembaga penyedia data baik BMKG, NAZA, BNPB, Kementerian ESDM, Badan Geologi dan lembaga terkait lainnya dan dari berbagai pulau di Indonsia sehingga lebih mendorong pembelajaran berbasis regional dan kelokalan yang kontekstual bagi peserta didik dalam membentuk pemahaman dan SIKAP PAHAM, SIAP, dan TANGGAP Bencana Geologi bagi peserta didik. Guru juga diharapkan mengajak peserta didik melakukan SIMULASI Gempa sebagai bagian integral dari SIAGA gempa dalam Proses Pendidikan Mitigasi Bencana. Dalam hal ini Fungsi Guru menjadi Trainner SIMULATOR Bencana di Kelas. Pada setiap akhir materi disertai cara penanggulangan bencana geologi (Gunung api, Gempa dan Tsunami) yang diberi Stabilo Hijau menunjukan Pikiran Baru dan atau belum diimplementasikan di Indonesia sehingga diharapkan pikiran/gagasan baru tersebut dapat diterapkan nantinya saat anak memasuki dunia kerja tentunya. Gagasan baru tersebut juga diharapkan menjadi ide bagi satuan pendidikan ataupun peserta didik mengembangkan teknologi bencana (Star Up) guna mendorong kelahiran industri baru berbasis teknologi bencana di Indonesia nantinya.

BAB VI DINAMIKA ATMOSFER DALAM KEHIDUPAN. Pada BAB ini Peserta didik diarahkan memahami Struktur Lapisan Atmosfer, karakteristiknya dan perannya dalam kehidupan yang diintegrasikan dengan SOAL HOTS Berbasis UN dan USBN. Fokus Pembelajaran Atmosfer dalam Kehidupan terkait dengan Cuaca dan Iklim. Pada Bagian Cuaca peserta didik di ajak memahami 6 Unsur Cuaca hubungannya dalam kehidupan dan penerapannya dalam SOAL UN dan USBN. Pada bagian Iklim Peserta didik di ajak memahami klasifikasi iklim, karakteristik dan sebarannya dari berbagai sudut pandang serta Penerapannya dalam SOAL UN dan USBN berbasis HOTS. BAB ini juga membahas Isu global terkait Pemanasan Global, perubahan iklim, dampak dan pengendaliannya secara lebih konperhensif dan kontektual sehingga nantinya peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan dan dunia kerja, Membahas fenomena El Nino dan La Nina secara komperhensif sesuai data yang relefan dari lembaga terpercaya penyedia data. BAB VI juga di perkuat dengan PENGEMBANGAN SOAL HOTS : Tujuannya agar Guru Mata Pelajaran Dapat Mengembangkan Soal Sesuai Tingkatan HOTS dan juga meningkatkan kompetensi guru dalam memaksimalkan instrument Penilaian Berorientasi HOTS dan Pemantapan peserta USBN dan UNBK. BAB ini juga disertai dengan SOAL Latihan Berbasis HOTS (USBN dan UNBK).

BAB VII DINAMIKA HIDROSFER DALAM KEHIDUPAN. BAB ini dimulai dengan Siklus air dan Penerapannya dalam SOAL UJIAN disertai Pembahasan yang komperhensif. Membedah Hidrosfer dari perairan darat mencakup: Sungai dengan segala pola, Pemanfaatan sungai, banjir, dampak dan pengendalinnya disertai data Baik di Indonesia maupun di Jakarta serta hambatan-hambatan dalam pengendalian banjir sehingga benar-benar membuka wawasan berpikir peserta didik yang kontekstual dalam kehidupan nyata.  Selain sungai, buku ini juga membahas danau sebagai bagian dari perairan darat disertai potensi dan pemanfaatannya dalam kehidupan. Perairan Laut merupakan bagian kedua dari Hidrosfer yang mencakup pembentukan laut, zonasi laut dan gerakan air laut (Arus, Gelombang, Pasang Surut) termasuk bentukan lahan akibat gerakan air laut tersebut, dampak (termasuk Abrasi) dan pengendaliannya. Mempelajari Potensi dan pemnfaatan gerakan air laut sebagai energi kinetik dalam penerapan energi alternatif di Indonesia. Pada bagian Penutup Materi pada BAB ini, buku ini juga membahas isu-isu global terkait kenaikan muka laut, dampaknya pulau-pulau Indonesia dan pengendaliannya serta hambatan dalam pengendalian termasuk isu Sampah yang diharapkan mendorong pembelajaran Problem Solving dilakukan oleh guru dalam membentuk penguatan materi kontekstual agar nantinya peserta didik dapat menerapkan dalam dunia kerja nantinya.

Bagian Penutup Buku ini juga terdapat KESIMPULAN DARI BERBAGAI MATERI BENCANA baik itu Bencana Geologi, Bencana Cuaca & Iklim, Banjir, Sampah, Kenaikan permukaan laut, dan Isu-Isu strategis lain, Tujuannya agar peserta didik dapat mengenal dengan jelas potensi Bencana di Indonesia dari berbagai fenomena sehingga peserta didik dan pembaca memiliki sikap SIAP dan TANGGAP dalam mengahadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja. Juga membentuk sikap untuk memecahkan persoalan bencana-bencana tersebut.


Keunggulan Pada Buku ini :

1.Setiap Materi dalam Buku Ini diberi kode dengan STABILO Kuning yang menunjukan Materi “PALING SERING” keluar di zona UNBK dan USBN, Stabilo Biru menunjukan “SERING” keluar di zona UJIAN, sedangkan yang tidak diberi Stabilo menunjukan “JARANG” Keluar di Zona UNBK dan USBN. Sedangkan pada Gambar yang di Beri Garis Tepi Merah Menunjukan Gambar yang “SERING” Keluar di Zona UNBK dan USBN. Tujuannya agar Peserta didik dapat dengan mudah dan fokus dalam belajar menghadapi UJIAN nantinya.

2.Pada Tiap Materi Strategis UJIAN selalu terintegrasi dengan SOAL Berbasis HOTS, UNBK dan USBN disertai Pembahasan yang Komperhensif mencakup : Kata Kunci Pengarah Jawaban, Pembahasan, Bedah Option termasuk Teknik menjawab. Bagian ini.

 

Bagian ini Hampir sama dengan Buku BANK SOAL UN, akan tetapi Pembahasan dalam Buku ini tentunya menutupi kelemahan pada Buku BANK SOAL UN Pada Umumnya.

1.Terdapat Bagian Pendalaman SOAL untuk Peserta Didik, agar mereka dapat mempelajari bagaimana Soal dikembangkan sehingga tidak dibingungkan dalam model soal nantinya saat UJIAN. Sedangkan untuk Guru juga tedapat Bagian Pendalaman SOAL HOTS, sehingga para Guru juga dapat meningkatkan kompetensinya dalam membuat dan mengembangkan SOAL berstandar UNBK dan USBNBK.

2.Materi Terintegrasi dengan berbagai Isu Lokal, Regional, Nasional dan isu Global, sehingga disertai data dari lembaga terpercaya sehingga mendorong Pembelajaran Kontekstual, sehingga alur pikir setiap Peserta Didik tidak hanya terfokus pada Isu-Isu lokal semata, akan tetapi juga dapat melihat Fakta Isu dari berbagai tingkatan dan wilayah, sehingga diharapkan anak membiasakan diri nantinya bekerja dalam masyarakat dan dunia kerja BERBASIS DATA. Untuk Indonesia, Isu-Isu tersebut disajikan Data dari bebagai daerah sehingga Sangat Baik untuk dibaca juga oleh Pejabat Pemerintah, Perencana Wilayah dan Pemerhati Bencana dan Lingkungan sehingga diharapkan menjadi referensi tambahan dalam Upaya Menaggulangi berbagai Isu-Isu tersebut.

3.Terdapat Juga STABILO Hijau sebagai penanda Gagasan/Pikiran Baru yang diharapkan Peserta Didik nantinya dapat mengimplementasikan gagasan tersebut dalam dunia kerja dan Juga diharapkan gagasan tersebut dapat mendorong lahirnya STAR UP Dalam Bidang Sistem Informasi Bencana di Indonesia dan Dunia.

4.Terdapat SOAL Latihan Pada akhir setiap BAB dalam Buku ini. Tujuannya agar Peserta Didik dapat dengan mudah berlatih menghadapi UJIAN Blog, UJIAN TENGAH SEMESTER dan UJIAN AKHIR SEMESTER secara Lebih Efektif.

SOAL-SOAL pada akhir BAB dalam Buku ini disusun berdasarkan  Standar HOTS baik Standar Nasional dan Internasional yang prinsip-prinsipnya mengikuti kaidah dalam UNBK dan USBN. Dalam hal ini berarti Bagian dari SOAL LATIHAN pada Setiap BAB dalam Buku ini ini juga mengintegrasikan Prinsip pada Buku PREDIKSI UN.

Buku ini “MENGINTEGRASIKAN BUKU PAKET PEMBELAJARAN, BUKU BANK SOAL UN DAN BUKU PREDIKSI UN Dalam SATU BUKU”.

Klik COVER BUKU Untuk Melihat Biografi Penulisnya

Harga Buku Rp. 30.000

Gunakan Tombol WhatsApp pada Website ini Untuk Pembelian ya Sahabat

Tidak ada komentar